Rabu, 15 Februari 2012

keunggulan dari Linux ClearOS yang dapat dimanfaatkan untuk menunjang pelaksanaan Jardiknas

Beberapa keunggulan dari Linux ClearOS yang dapat dimanfaatkan untuk menunjang pelaksanaan Jardiknas diantaranya ;

1. ClearOS mudah dalam hal instalasi.
ClearOS termasuk linux yang paling mudah di instalasi dengan buku panduan yang detail menjelaskan langkah-perlangkah instalasi nya. Pemahaman topologi jaringan komputer dalam ClearOS juga dibuat sangat mudah. Terbagi dua bagian yaitu External, interface yang terhubung ke modem/router, dan LAN, interface yang terhubung ke jaringan lokal setempat (lan). Hal yang mudah dipahami admin manapun baik yang sudah berpengalaman maupun yang masih pemula dalam hal jaringan komputer.

2.  ClearOS adalah linux khusus untuk keperluan server.
ClearOS enterprise adalah linux khusus untuk server. Semua hal didalam linux ClearOS sudah dioptimalkan untuk pemakaian server, termasuk modul-modul, ketahanan , dan keamanan jaringan, yang dapat dioperasikan dengan mudah.

3. ClearOS mudah dioperasikan.
Salah satu kelebihan ClearOs dibanding distro linux lain adalah adanya antarmuka grafis berbasis web. Dengan adanya webconfig ini maka segala pengaturan ClearOS dapat dilakukan dengan mudah. Admin tidak perlu menguasai perintah berbasis teks (CLI), semua dapat dioperasikan dengan sistem remote berbasis grafis.

4. ClearOS membawa modul-modul yang lengkap.
Sebagai linux khusus server, maka ClearOS sudah membawa modul-modul server yang dapat dimanfaatkan untuk keperluan server lokal jardiknas, diantaranya:
- Router/Gateway
Router atau gateway sebagai jembatan antara WAN/internet dan Jaringan lokal. Sehingga input dari router jardiknas (5 ip publik) bisa dimanfaatkan oleh beberapa buah komputer di jaringan lokal. Tanpa router maka anda hanya dapat memanfaatkan jardiknas untuk 5 komputer saja.
- Proxy server
Proxy server akan membantu untuk "mempercepat" browsing dari komputer client. Dengan menggunakan sistem cache, maka beberapa object di internet yang sering diakses oleh client akan disimpan secara otomatis di server, sehingga apabila ada client lain yang memerlukan, akan diambilkan dari server lokal, alih-alih dari internet langsung, sehingga jalur internet tidak terlalu padat.
- Bandwith Manager
Fitur bandwidth manager akan mengatur penggunaan dan alokasi bandwidth tiap client atapun tiap aplikasi, tergantung kondisi dan pengaturan di jaringan setempat.
- Loadbalancer dengan Failover
Dengan adanya loadbalancer maka server dapat "menggabungkan" beberapa line internet menjadi satu lan, baik dari ISP yang sama maupun dari ISP yang berbeda.
- Web Server
Webserver akan menyediakan fitur-fitur untuk membuat website lokal yang dapat diakses oleh jaringan lokal. Jika jaringan mempunyai bandwidth yang lumayan besar, maka website lokal tadi bisa dijadikan online di internet.
- FTP Server
FTP server digunakan untuk bagi pakai file diantara jaringan lokal. Kecepatan transfer upload dan download merupakan keunggulan sistem FTP dibanding teknik bagi pakai konvensional.
- MySQL 
MySQL digunakan sebagai server database dan dapat menunjang aplikasi-aplikasi berbasis database MySQL.
- Mail Server
Mail server menyediakan layanan untuk menjadikan server ClearOs sebagai mail server lokal.
- Flexshare
Flexshare adalah fitu spesial yang hanya ada di ClearOS. Digunakan sebagai gabungan teknik bagi pakai file dengan memakai gabungan sistem Http dan FTP.
- IPS, IDS, Antivirus, AntiSPAM
4 fitur keamanan standar ClearOS yaitu Intrussion Prevention System (IPS), Intrussion Detection System (IDS), Antivirus (ClamAV) dan AntiSPAM akan menjamin keamanan sistem jaringan anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar