Rabu, 15 Februari 2012

Sejarah ClearOS

  Menurut siaran pers yang dimuat di Internet, ClearFoundation mengumumkan persiapan peluncuran ClearOS 5.1 yang akan tersedia menjelang penutupan bulan ini. ClearOS adalah nama baru sebagai penerus distribusi server Linux yang tidak asing lagi, awalnya menggunakan Red Hat Linux, Fedora kemudian CentOS sebagai basis.
Sambil memperkenalkan situs baru ClearFoundation, ClearOS dipromosikan sebagai sebuah distribusi server Linux generasi mendatang. Pendahulu ClearOS Linux memiliki basis instalasi lebih dari 120.000 sistem dengan jumlah pengguna lebih dari 1.2 juta. Ia tersedia tidak kurang dari 20 bahasa dan tersebar di lebih dari 122 negara.




Sebagai ClarkConnect sampai saat ia tersedia sebagai produk komersil dan untuk pengguna perusahan dengan fitur lengkap dan edisi komunitas dengan fitur terbatas tanpa dukungan. Dengan terbitnya ClearOS 5.1 yang rencananya mulai beredar pada bulan Oktober 2009, distribusi server ini akan terbuka sepenuhnya yang menyediakan hanya satu versi tanpa restriksi.

Sementara pengembangan sumber terbuka distribusi ini dikelola oleh yayasan ClearFoundation, dukungan layanan komersil disediakan oleh perusahan ClearCenter secara terpisah. Pemisahan ini diperlukan agar memungkinkan ClearOS sebagai sumber terbuka di integrasikan di jaringan dan sistem komputasi awan ( Cloud computing). ClearOS API yang terbuka mendukung fleksibilitas platform dan konektifitas ke aplikasi pihak ketiga baik yang terbuka maupun proprietari dan untuk dioperasikan lokal maupun di awan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar